Diduga Jadi Penyebab Banjir, Pemprov Banten Segera Moratorium Galian C di Cilegon

0
130

GUBERNUR Banten, Wahidin Halim akan segera akan mengeluarkan moratorium galian C yang diduga menyebabkan terjadinya banjir bandang di Kota Cilegon beberapa hari lalu.

“Galian C di Kota Cilegon sangat banyak. Mungkin penyebab banjir bandang yang terjadi di Cilegon beberapa hari lalu ini,” kata WH kepada sejumlah wartawan usai Sidang Paripuran Luar Biasa HUT Kota Cilegon ke-19 di Aula DPRD Cilegon, Jumat (27/4/2018)

Ia menambahkan, untuk menekan tingginya aktivitas galian C yang terjadi di Kota Cilegon, Provinsi Banten akan melakukan kajian terhadap aktivitas galian c tersebut.

“Tentu kita akan kaji dulu aktivitas galian c yang mereka lakukan ini. Kebetulan untuk izinya ada di Provinsi Banten. Nanti saya minta bantuan ke pak Wali Kota (Edi Ariadi) untuk melakukan pengecekan terhadap aktivitas galian C tersebut,” tambahnya.

Dirinya juga tak akan main-main bagi pada pengusaha aktivitas galian C yang tetap membandel.

“Nanti kita cek dampak lingkungan seperti apa. Kalau memang bermasalah baru kita stop aktivitas pekerjaan mereka,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPRD Cilegon, Fakih Usman Umar mendesak agar Pemprov Banten segera mengeluarkan moratorium galian C bisa segera dikeluarkan. Sebab, penyebab terjadinya banjir karena aktivitas galian C.

“Saya kira pak WH harus secepatnya mengeluarkan moratorium galian C ini. Karena sejauh ini, aktivitas galian c tidak masuk keuntungan untuk Kota Cilegon. Saya harapkan, Pak WH bisa cepat mengeluarkan moratorium tersebut,” pungkasnya.

Sebelumnya, Plt Walikota Cilegon, Edi Ariadi mengatakan salah satu penyebab banjir di Cilegon yang merendam ribuan rumah adalah aktivitas galian c yang berada di JlS. Selain itu, tanggul di Mancak yang jebol juga diduga sebagai menyebabkan banjir. Ia pun meminta agar ada moratorium terkait galian C.

Redaktur: R. Fauzi
Wartawan: Tim SSC

Facebook Comments