UNIT Pelaksana Teknis Daerah Perawatan Jalan dan Jembatan (UPT PJJ) Serang – Cilegon Dinas PUPR Provinsi Banten menurunkan alat berat untuk membersihkan pohon tumbang yang berusia ratusan tahun di Jl.Brigjen KH Samun, depan Pendopo Gubernur Banten, Kamis pagi (02/05/2024).

Kepala UPT PJJ Seragon, Tjetjep Hendrawan mengatakan, setelah menerima laporan dari BPBD Provinsi Banten dan BPBD Kota Serang, pihaknya langsung menurunkan tim evakuasi serta alat berat ke lokasi

“Setelah menerima laporan dari BPBD kita langsung berkoordinasi dengan Dinas terkait guna melakukan evakuasi secara bersama-sama,” kata Tjetjep saat ditemui di lokasi pohon tumbang.

Menurut Tjetjep, selain faktor cuaca buruk, bencana pohon tumbang tersebut juga disebabkan usia pohon yang diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

“Ada Polresta Kota Serang, BPBD Provinsi Banten, BPBD Kota Serang, DLH Kota Serang, Dinas Perkim Kota Serang yang turut bersinergi menangani bencana pohon tumbang tersebut, sesuai tupoksinya masing-masing,” paparnya.

Selain itu, kata Tjetjep, UPT Seragon juga akan segera memperbaiki trotoar jalan yang ikut rusak berat akibat pohon tumbang, agar tidak membahayakan masyarakat pengguna jalan.

“Langsung kita bongkar dan akan kita lakukan perbaikan segera mungkin agar tidak membahayakan masyarakat, karena trotoar ini menjadi akses pengguna pejalan kaki,” tegasnya.

Sementara itu, sekretaris DLH Kota Serang dr.H.A.Humariyad mengatakan untuk membersihkan pohon tersebut pihaknya hanya bersifat membantu evakuasi dengan alat sederhana dan angkutan kecil, sebagai bentuk sigap kepedulian terhadap lingkungan.

“Alhamdulillah begitu menerima laporan dari BPBD kami langsung menerjunkan puluhan personel dan mobil angkutan, guna membantu BPBD serta UPT Seragon mengevakuasi ranting pohon yang tumbang agar tidak membahayakan masyarakat,” katanya saat dikonfirmasi melalui telepon whatsapp.

Terpisah, PJ Walikota Serang, Yedi Rahmat, sangat mengapresiasi langkah sigap cepat yang dilakukan BPBD Kota Serang bersama tim OPD lainnya termasuk UPT Seragon. Menurutnya langkah seperti ini sangat dibutuhkan masyarakat.

“Patut kita apresiasi tim penanggulangan bencana BPBD Kota Serang, BPBD Provinsi, DLH Kota Serang dan UPT Seragon Dinas PUPR Provinsi Banten, karena mereka bekerja dengan sigap kalau ada kejadian bencana alam. Salam sukses dan hormat untuk semuanya,” kata Yedi melalui pesan singkat whatsapp.

Redaktur: Dendi S

Reporter: Feri

Facebook Comments