Granat Nanas Aktif Kagetkan Warga di Pandeglang Saat Cari Ikan

0
2146

SEORANG warga Kampung Cikeper, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar dikagetkan dengan penemuan sebuah granat nanas aktif di dalam area Perkebunan Karet.

Granat nanas masih aktif ditemukan Indra Alfalah saat mencari ikan di aliran Sungai Cijebuh yang berada di area Perkebunan Karet Cikeper, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, pada Rabu, 5 Juli 2023 sekira pukul 09.00 WIB.

Indra Alfalah mengatakan, kalau ia menemukan granat tidak sengaja saat tengah mencari ikan di aliran Sungai Cijebuh.

“Pas lagi mau cari ikan, lagi ngegogo (tangan sedang merogoh sebuah lobang) di bawah batu besar ada sebuah benda yang menghalangi. Terus pas diambil dan diangkat ternyata sebuah granat, bukan batu kecil,” katanya yang didampingi Bhabinkamtibmas Desa Cibodas Bripka Enggar dan Babinsa Koramil Banjar Sersan Mayor Ahmad Hidayat, kepada tuntasmedia.com, di Perkebunan Karet Cikeper, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar, pada Rabu, (5/7/2023).

Setelah, melihat granat, diakui Indra, dirinya kaget terus langsung mengamankannya. Mengangkat granat dari dasar sungai ke darat ke bawah pohon karet.

“Kemudian langsung laporan ke pak Dayat Babinsa Koramil Banjar. Pas tahu itu granat saya kaget dan takut,” katanya.

Lebih lanjut Indra mengaku, dirinya lebih kaget lagi setelah mengetahui kalau ternyata granat itu masih aktif. Bila meledak dalam jarak 30 meter masih bisa kena serpihan granat.

“Jadi sangat berbahaya bisa mengancam keselamatan nyawa saya. Pas tahu tadi saya tambah merasa takut dan bersyukur selamat,” katanya.

Lebih lanjut Indra mengaku, akan lebih berhati – hati lagi saat mengambil ikan di aliran sungai. Ternyata daerah Banjar ini masuk daerah yang dulunya bermukim orang Belanda yang mengelola perkebunan karet.

“Tapi saya sendiri enggak tahu itu granat peninggalan kapan. Tahunya masih aktif dan berbahaya,” katanya.

Babinsa Koramil Banjar Sersan Mayor Ahmad Hidayat mengatakan, granat nanas ditemukan oleh warga setelah di cek ternyata masih aktif.

“Sehingga tidak boleh sembarangan memindahkan karena berbahaya dapat meledak. Untuk itu saat ini kita tengah menunggu tim Gegana Brimob untuk dijinakkan karena ringnya sudah copot tapi masih aktif,” katanya.

Kapolsek Banjar IPTU Dadan mengaku, telah menerima laporan dari masyarakat pada pukul 09.30 WIB.

“Ada penemuan granat sejenis nanas, di Kampung Cikeper, Desa Cibodas, Kecamatan Banjar. Oleh salah seorang warga lagi mencari ikan di kali,” katanya.

Selanjutnya, oleh warga diambil karena barang tersebut, tidak tahu kalau itu berbahaya karena adanya di kali. Kemudian dibawa di pinggir kali.

“Granat nanas diamankan di situ, dan warga tersebut melaporkan kepada kami ke Polsek Banjar. Dan kami langsung sigap langsung laporan ke pimpinan, dan langsung dilanjutkan laporan kepada tim Gegana Brimob,” katanya.

Selanjutnya, Tim Jinak Bom Gegana Brimob Polda Banten langsung ke lokasi atau TKP. Mengamankan situasi dan menjinakkan granat nanas dengan cara diledakkan.

“Alhamdulillah granat sejenis nanas sudah diledakkan jam 12.30 WIB. Alhamdulilah situasi di TKP, aman dan kondusif,” katanya.

Kapolsek mengimbau kepada warga, apabila menemukan barang seperti itu atau granat jangan diambil sendiri tapi langsung dilaporkan kepada pihak berwajib.

“Jika warga menemukan hal seperti ini, segera lapor. Karena granat yang ditemukan dalam kondisi masih aktif tentunya berbahaya,” katanya.

Redaktur : D. Sudrajat
Reporter : Asep

Facebook Comments