Nelayan Pandeglang Dapat Bantuan Dari KKP

0
270

KEMENTERIAN Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktur Jenderal Perikanan Tangkap memberikan bantuan alat bantu monitor kapal perikanan Yukom Vessel Monitoring AID (VMA), kapal dan klaim asuransi untuk nelayan yang dipusatkan di Balai Pelabuhan Perikanan (BPP) di Desa Teluk Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (22/08/2017).

Direktur Pelabuhan Perikanan KKP, Frits Penehas Lesnussa mengatakan, pemberian klaim asuransi untuk nelayan merupakan program pemerintah pusat melalui kementeriannya. Kata dia, klaim asuransi itu sebagai jaminan untuk memberikan perlindungan jiwa nelayan dalam menjalankan usahanya.

“Pemberian asuransi bagi para nelayan merupakan salah satu bukti keseriusan pemerintah dalam memberikan perlindungan serta keselamatan para nelayan. Karena profesi nelayan memiliki resiko yang cukup tinggi,” ungkap Frits.

Ia menjelaskan, tahun ini Kabupaten Pandeglang mendapakan tiga unit kapal 10 GT, 14 paket alat tangkap ramah lingkungan serta program klaim asuransi senilai Rp 1,7 miliar.

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menyambut baik program dari KKP tersebut. Kata dia, VMA bisa menjawab kebutuhan teknologi dan informasi bagi para nelayan sebagai alat komunikasi.

“Sehingga menjadi media untuk dimanfaatkan para nelayan dalam upaya penangkapan ikan yang lebih baik lagi,” ujar Irna Narulita.

Dikatakannya, sementara ini bantuan VMA dari KKP baru lima unit dan diharapkan bantuan itu bisa diberikan secara bertahap. Dengan demikian para nelayan bisa memanfaatkan bantuan tersebut.

“Jadi bagi para nelayan manfaatkan segera bantuan ini. Bagi para nelayan yang memiliki kapal di atas 8-10 GT harus segera dipasang VMA,” jelasnya.

Ia menjelaskan, di Kabupaten Pandeglang terdapat 12.000 nelayan dan baru sekitar 7.200 nelayan yang memiliki kartu asuransi. Sedangkan untuk yang sudah memiliki polis asuransi baru 3.500 orang.

Pemkab Pandeglang, sambung dia, terus berupaya mendorong para nelayan melakukan sosialisasi untuk menjadi anggota polis asuransi nelayan.

“Saya sangat mengapresiasi dan ucapan terima kasih kepada Kementerian Kelautan dan Perikanan dan Pemprov Banten yang telah banyak memberikan bantuan untuk Kabupaten Pandeglang. Semoga bantuan ini bermanfaat bagi masyarakat Pandeglang khususnya bagi para nelayan. Mudah-mudahan Pandeglang menjadi sentral kawasan terpadu perikanan,” tukasnya.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments