Ribuan Pencari Kerja Datangi Job Fair di Disnakertrans Pandeglang

0
367

RIBUAN job seeker atau pencari kerja di Kabupaten Pandeglang, memadati halaman gedung Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Pandeglang.

Kedatangan mereka, bertujuan untuk mencari kerja pada kegiatan job fair yang digelar oleh Disnakertrans Pandeglang pada Selasa-Rabu, 14-15 Mei 2024. Job fair ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya alias gratis.

Kepala Disnakertrans Pandeglang, Mohamad Kabir mengungkapkan, bahwa ada sedikitnya 16 perusahaan yang turut meramaikan job fair dengan total sekitar 1.665 orang yang dibutuhkan oleh seluruh perusahaan yang hadir tersebut.

Dari total tersebut, kata dia, 485 orang yang nantinya terpanggil oleh perusahaan dan akan di tempatkan di dalam negeri, sementara sisanya sekitar 1.180 orang akan mengisi lowongan pekerjaan di luar negeri.

“Sebetulnya kita mengundang sekitar 20 perusahaan lebih, tapi yang merespon hanya 16. Perusahaan yang hadir juga bergerak di berbagai bidang, tapi intinya ada lowongan untuk luar dan dalam negeri,” ucap Kabir.

Kabir menuturkan, jika penyelenggaraan job fair ini sendiri dilakukan untuk menekan angka pengangguran di Kabupaten Pandeglang.

Ia juga menerangkan, bahwa Pandeglang merupakan wilayah dengan tingkat pengangguran tertinggi nomor dua di Provinsi Banten dengan jumlah sekitar 52 ribu orang atau 9,05 persen dari usia angkatan kerja.

“Tapi mudah-mudahan, SDM kita di sini bisa memenuhi kriteria yang dibutuhkan oleh perusahaan. Sehingga, sedikitnya bisa mengurangi angka pengangguran di Pandeglang,” ungkap Kabir.

Sementara itu, salah seorang pencari kerja lain asal Desa Cigadung, Kecamatan Karang Tanjung, Pandeglang, Ririn Sabrina mengaku, bahwa ia baru pertama kali mengikuti kegiatan job fair ini.

Menurutnya, penyelenggaraan job fair ini benar-benar bisa membantu para pencari kerja khususnya fresh graduate untuk mencari kerja yang sesuai dengan passionnya.

“Ngelamarnya ketiga perusahaan, Alhamdulillah bisa membantu saya. Selain itu, job fair ini juga bisa jadi wadah untuk saya melamar di bidang yang bahkan tidak saya minati. Kita kan bisa tau juga dari job fair ini,” kata Ririn.

Berdasarkan pantauan di lokasi, ribuan pencari kerja terlihat antusias dengan wajah penuh harap untuk bisa mendapatkan panggilan kerja dari perusahaan yang dilamar.

Mereka sudah memadati area job fair bahkan sejak sebelum kegiatan tersebut dibuka secara resmi pukul 09.00 oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pandeglang.

Bahkan, saat stand dari tiap perusahaan dibuka, sejumlah pencari kerja terlihat antri dan berhimpit-himpitan untuk menunggu giliran memberikan berkas yang sebelumnya sudah mereka siapkan.

Redaktur : Fauzi
Reporter : Asep

Facebook Comments