Remaja Masjid di Pandeglang Miliki Peran Strategis Berdayakan Umat

0
165

REMAJA masjid di Kabupaten Pandeglang harus membawa perubahan di berbagai bidang, terutama di bidang keagamaan. Selain berperan aktif bagaimana memakmurkan masjid di wilayahnya, remaja masjid merupakan salah satu wadah untuk meningkatan indeks pembangunan manusia (IPM).

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Fery Hasanudin saat memberikan arahan kepada ratusan peserta pelatihan Sumber Daya Manusia bagi Remaja Masjid tingkat Kabupaten Pandeglang di Gedung PGRI Kecamatan Bojong, Senin (23/04/2018).

Menurutnya, remaja masjid sebagai agen strategis dalam pemberdayaan umat.

“Untuk itu perlu dibekali keilmuan dan keterampilan agar para remaja masjid ini memiliki kemampuan dan inovasi sehingga bisa menjadi contoh dan suri tauladan bagi masyarakat dalam rangka meningkatkan keimanan,” tuturnya.

Dirinya menekankan, kepada generasi muda muslim pewaris masjid harus mencerminkan muslim yang memiliki sikap dan perilaku Islami dan terus makmurkan masjid.

Menurutnya, masjid menjadi pusat kegiatan beribadah, akan tetapi masjid juga dapat menjadi pusat pendidikan agama.

“Saya tekankan para pemuda yang tergabung dalam remaja masjid harus bangkit dan aktif ikut serta dalam upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan pembangunan di daerah masing-masing,” pesannya.

Sementara itu, Plt Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Setda Pandeglang, A Ghofar Al-Hatiri mengatakan, untuk membina remaja bisa dilakukan dengan berbagai cara dan sarana, salah satunya memberikan pelatihan.

Kegiatan ini bertujuan agar remaja masjid tidak hanya sebatas untuk mengetahui tentang agama Islam, melainkan juga sebagai wadah menciptakan generasi penerus yang memiliki ilmu pengetahuan secara luas.

“Forum remaja masjid merupkan suatu organisasi atau wadah perkumpulan remaja muslim yang menggunakan masjid sebagai pusat aktivitas. Remaja masjid merupakan salah satu alternatif pembinaan remaja yang terbaik, melalui organisasi ini, mereka memperoleh lingkungan yang Islami serta dapat mengembangkan kreatitivitas,” terang dia.

Redaktur : A Supriadi
Reporter : Dendi

Facebook Comments